oleh

JAMES PASARIBU, CAMAT BORBOR

JAMES PASARIBU, CAMAT BORBOR

“Masyarakat di kecamatan Borbor harus sadar pentingnya sertipikasi tanah mereka.”

6 September 18 tahun yang lalu, Borbor resmi menjadi Kecamatan. merupakan pemekaran dari Kecamatan Habinsaran.  Pusat pemerintahan di Onanborbor, terdiri atas 15 desa dan 66 Dusun.

Dalam rangka hari jadi itu Borbor.net membuat rangkuman perbincangan  dengan James Pasaribu camat ke-9 di kecamatan borbor.

Secara umum beliau melihat bahwa kecamatan Borbor sudah berkembang dengan baik. Sarana dan prasarana desa  terlebih infratruktur jalan cukup memadai. Hal ini tidak terlepas dari program unggulan pemerintah yakni Dana Desa.

Di luar pembangunan fisik beliau menggarisbawahi 3 hal yang perlu mendapat perhatian. Pertama terkait dengan Sertipikasi lahan. Lahan pribadi maupun lahan masyarakat desa atau lahan ulayat. Bahkan presiden Jokowi juga sangat mendorong sertipikasi ini, dan juga menjadi salah satu program unggulan. Sertipikasi ini sangat penting untuk menghindari konflik agraria. Konflik antar warga dan warga dengan pihak lain yang memanfaatkan lahan tersebut secara ekonomi.

Hal ke dua adalah  tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Saat ini baru 4 desa yang memiliki Bumdes dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Borbor. Jadi baru Desa Borbor, Desa Simare, Desa Natumikka dan Desa Purbatua. Masih minim sekali. Harapannya setiap desa setidaknya memiliki 1 Bumdes, syukur bisa lebih. Untuk merealisasikan itu tidak mudah dibutuhkan kerja sama yang solid semua pihak. Perlu ada produk unggulan di setiap desa.

PANEN JAGUNG DI DESA SIMARE

Dan ke 3 yang juga perlu di mendapat perhatian adalah Sumber Daya Manusia(SDM). Terjadi penurunan etos kerja secara umum saat ini. Pada hal dukungan pemerintah untuk masyarakat  sangat besar. Jika ini terus terjadi  maka  kesenjangan ekonomi akan semakin nyata. Masyarakat yang memiliki etos kerja tinggi kondisi ekonomi akan memadai, sedangkan yang kurang etos kerja akan tertinggal. Sebelum tahun 2000 an, masyrakat borbor  adalah pekerja keras  tetapi memang dukungan pemerintah masih minim,  Sehingga kondisi ekonomi secara umum biasa-biasa saja. (kritik dan saran: borbornet@yahoo.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed