oleh

SEPENGGAL….SEJARAH BORBOR

Borbor.net Desa Borbor   sekarang adalah  pusat pemerintahan kecamatan borbor. Karena jadi Pusat Pemerintahan tentu lebih berkembang di bandingkan dengan Desa-desa di sekitarnya. Walaupun perkembangannya terasa lambat bila kita bandingkan dengan perkembangan daerah lain di Indonsia terlebih dengan perkembangan di daerah Jawa.

SMP NEGERI BORBOR

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya Desa Borbor yang dahulu bernama Siborboron,  awalnya adalah dusun yang tumbuh akibat pergeseran penduduk dari Desa Lintong. Dan lintong adalah pusat pemerintahan saat itu yang lebih popular dengan debutan Nagari Lintong.

Konon  Onanborbor mulai di huni sekitar tahun 1940,  Di huni oleh Generasi Ke 6-7 keturunan Raja Enduk atau Generasi ke 3-4 Keturunan Op. Lintong. Yaitu  keturunan op. Sotarhutik dan Op. Makkuling. Tercatat Raja Huta (Pemimpin Adat) pertama St. Walter Pasaribu.

Kemudian tahun 1960 an-1970-an, Onanborbor mulai ramai dengan dengan pendatang dan atau juga karena pertumbuhan penduduk keturunan Raja Enduk.

Letaknya yang strategis Berada di tengah-tengah desa-desa yang ada di kecamatan borbor dan kondisi tanah  yang relatif lebih datar menjadikan onanborbor lebih berkembang. Dan  dengan ditetapkan menjadi pasar untuk daerah sekitar setiap hari sabtu Desa Onanborbor jadi pusat perdagangan, pusat pendidikan  dan kemudian menjadi ibu kota kecamatan borbor…

(Tulisan ini bukan kebenaran mutlak, masukan dari pihak lain akan  melengkapi sejarah Onanborbor lebih utuh; saran & kritik bisa disampaikan melalui email: borbornet@yahoo.com)                      

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed