oleh

Keringat dingin Gejala sakit apa?

BORBOR.NET Keringat dingin sering dialami banyak orang. Namun sering kali orang-orang menganggap remeh keringat dingin atau diaporesis. Ternyata, keringat dingin pertanda pertanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh.

Berikut berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena keringat dingin:

1. Gangguan kecemasan

Munculnya keringat dingin bisa menjadi pertanda adanya gangguan kecemasan seperti serangan panik, dan anxiety. Selain keringat dingin, gangguan kecemasan semacam ini juga seringkali disertai dengan mual, otot tegang, dan rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

2. Serangan jantung

Munculnya keringat dingin juga bisa sebagai pertanda awal serangan jantung. Biasanya, kondisi ini juga diikuti gejala berikut: rasa nyeri atau tidak nyaman di dada, leher, rahang, perut, atau punggung sulit bernafas pusing merasa lemas atau ingin pingsan. Jika merasakan hal tersebut, segera cari pertolongan medis.

3. Hipoksia

Hipoksia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan oksigen. Hal ini bisa disebabkan karena adanya penyumbatan, cedera, paparan racun atau alergen. Selain menyebabkan keringat dingin, hipoksia bisa membuat fungsi tubuh tidak berjalan maksimal. Hipoksia yang parah juga dapat menyebabkan kita kehilangan kesadaran atau koma.

4. Hipoglikemia

Hipoglikemia atau gula darah rendah terjadi ketika kadar glukosa seseorang berada di bawah kondisi normal. Hal ini kerap terjadi pada penderita diabetes. Untuk memulihkan kondisi ini, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman mengandung gula.

5. Infeksi

Keringat dingin juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang merespon infeksi, baik yang disebabkan virus atau bakteri. Dalam banyak kasus, infeksi menyebabkan jaringan tubuh meradang dan menyebabkan sepsis. Kondisi ini juga bisa mempersulit organ tubuh mendapatkan asupan darah dan oksigen yang memicu keluarnya keringat dingin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Gangguan Kesehatan yang Ditandai Munculnya Keringat Dingin“,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed