oleh

Wow, Rajin Makan Labu Siam Rebus Bisa Tangkal Penyakit Kronis Ini!

BORBOR.NET – Siapa yang tak mengenal dengan jenis labu-labuan yang sering di temui di Indonesia ini yakni labu siam. Rasanya yang agak manis dan menyimpan banyak kandungan air membuat jenis labu ini sering dikonsumsi orang Indonesia.

Hanya dengan direbus saja, labu siam dapat menjadi kudapan pendamping alias lalapan saat jam makan datang.

Tahukah Anda bahwa labu siam ternyata memiliki segudang manfaat untuk menangkal penyakit kronis loh.

Membantu tubuh menyerap banyak energi

Labu siam memiliki kandungan mangan sebanyak 9%, dan ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Anda juga bisa memulai hari dengan makan omelet labu siam, atau labu siam yang hanya direbus.

Cegah kanker

Vitamin C yang ada pada labu siam sebesar 13% dan ini akan menangkal radikal bebas yang ingin masuk ke dalam tubuh. Sebab Vitamin C adalag salah satu antioksidan yang kuat dan bisa menjaga sel-sel dari kerusakan.

Baik untuk jantung

Folat pada labu siam terdapat 23%, selain itu ada juga kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Kandungan folat dan vitamin B membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung coroner dan stroke. Makan labu siam juga bisa menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baik untuk otak

Vitamin B6 yang terkandung dalam labu siam sebanyak 6% dan berguna untuk merangsang kinerja otak. Kandungan gizi dalam labu siam diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak. Jika rutin mengonsumsi labu siam, maka akan mengurangi risiko pelupa yang Anda miliki.

Bagus untuk pencernaan

Jenis labu ini sering dijadikan makanan untuk orang-orang yang diet. Hal ini karena kandungan vitamin C yang dimiliki dan serat yang baik untuk pencernaan. Sehingga baik untuk membuang sisa-sisa pencernaan dalam tubuh.

Jaga kesehatan tulang

Vitamn K yang dimiliki labu siam berperan penting untuk membantu luka berdarah cepat kering dan dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Jaga tiroid tetap sehat

Labu siam memiliki kandungan tembaga sebesar 6% dan ini akan membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat. Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, suhu tubuh dan denyut jantung. Kekurangan tembaga tak hanya mempengaruhi tiroid, tapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, alergi, dan perasaan depresi.

Bantu mengurangi risiko kram otot

Kandungan Magnesium baik untuk kesehatan otot dan di buah labu siam terkandung sebesar 3%. Penelitian menunjukan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih mudah mengalami kram otot.

(Sumber: Sorona.id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed