oleh

5 cara mudah menghilangkan stres

BORBOR.NET Banyaknya pekerjaan, tanggungjawab, dan masalah yang dihadapi sehari-hari bisa membuat Anda merasa stres. Jika dibiarkan, tentu saja stres bisa memengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

Nah, cara menghilangkan stres berikut patut Anda coba agar kondisi kesehatan Anda tak terganggu:

Rutin olahraga

Stres bisa dikurangi dengan olahraga, apalagi jika Anda melakukan aktivitas fisik ini secara rutin. Olahraga mampu menurunkan produksi hormon kortisol yang menyebabkan stres dan menaikkan produksi endorfin yang bisa membuat mood atau perasaan seseorang menjadi lebih baik.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesukaan. Melakukan olahraga yang Anda sukai juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda, sehingga stres dan cemas bisa berkurang.

Coba aromaterapi

Mengutip dari Healthline, aromaterapi bisa membuat stres Anda berkurang. Ada banyak jenis aromaterapi yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan essential oil atau lilin aromaterapi. Beberapa jenis aroma yang bisa Anda pilih adalah lavender, mawar, jeruk, atau geranium.

Kurangi Konsumsi Kafein

Cara menghilangkan stres dapat Anda lakukan dengan mengurangi asupan kafein tiap hari. Kafein berlebih yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan stres dan kesemasan meningkat.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein, yaitu kopi, teh, dan cokelat. Tapi, setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap kafein.

Maka dari itu, perhatikan jumlah kafein maksimal yang bisa Anda konsumsi. Umumnya, seseorang bisa mengonsumsi kurang dari lima gelas kafein setiap hari.

Kunyah permen karet

Healthline menyebutkan, stres bisa hilang dengan cepat dan mudah jika Anda mengunyah permen karet. Selain mengurangi stres, mengunyah permen karet juga bisa membuat seseorang memiliki kesadaran lebih baik.

Mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah menuju otak dan menstimulasi gelombang otak mirip dengan orang yang sedang relaksasi. Namun, pastikan untuk mengunyah permen karet tanpa gula agar tak merusak kesehatan gigi, ya.

Tertawa

Tertawa bisa menghilangkan stres dan mengurangi ketegangan pada otot. Selain itu, tertawa juga mampu meningkatkan mood dan sistem imun tubuh seseorang. Anda bisa tertawa dengan menonton video-video lucu atau berbincang dengan keluarga dan teman dekat. (Sumber: Kontan.co.id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed