oleh

Ini Waktu Berbahaya untuk Minum Air Putih!

BORBOR.NET Air putih adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini bertujuan agar tubuh kita tetap dalam keadaan stabil dan sehat. Namun, air putih bisa membahayakan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.

Air putih tak boleh sembarangan dikonsumsi begitu saja. Pasalnya ada beberapa waktu yang dimana air putih bisa berbahaya bagi kesehatan. Berikut waktu dimana minum air putih yang sebaiknya dihindari:

Tepat sebelum tidur

Alasan tak boleh minum sebelum tidur yakni dapat menyebabkan tidur terganggu karena akan membuat kita buang air kecil di tengah malam.

Selain itu, ginjal akan bekerja lebih lambat pada malam hari dibandingkan siang dan ini bisa menyebabkan kita menjadi membengkak baik pada wajah maupun tubuh.

Selama olahraga intens

Menurut ilmuwan, mengkonsumsi air secara berlebihan dalam berolahraga dapat memiliki efek samping negatif. Selama intens berolahraga, suhu tubuh seseorang meningkat yang menyebabkan tubuh panas.

Minum terlalu banyak air untuk mendinginkan tubuh selama olahraga dapat menyebabkan penipisan elektrolit. Hal ini bisa menimbulkan efek sakit kepala, mual dan pusing. Minumlah air setelah berolahraga.

Jika urin tidak berwarna

Jika urine tidak berwarna mungkin Anda terlalu banyak minum air di siang hari meski tak merasa haus. Minum berlebihan bisa menyebabkan kadar natrium rendah yang mengakibatkan beberapa masalah serius, seperti serangan jantung misalnya.

Tepat sebelum, selama atau setelah makan

Minum sembari makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena mulut kita menghasilkan air liur dengan enzim yang sangat penting untuk proses pencernaan yang sehat. Minum selama makan bisa menimbulkan penurunan air liur , karena itu makanan yang tidak tercerna dapat menumpuk di tubuh dan bisa menjadi racun.

Minum air setelah makan pedas

Kita dilarang minum air setelah makan pedas karena adanya reaksi capsaicin. Molekul ini merupakan molekul no-polar yang bisa dilarutkan hanya dalam zat non-polar seperti susu. Jika kita menghilangkan pedas dengan molekul polar maka ini hanya akan menyebar ke seluruh mulut dan tenggorokan dan bisa membuat situasi lebih buruk.(Sumber: Sonora.id)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed